Selasa, 23 Desember 2014

Kaifiah Sholat Jamak Taqdim


Kaifiah Sholat Jamak Taqdim
Oleh: Ustadz Abdul Qodir -Hafizhohulloh-
Salah satu sunnah Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- yang banyak ditinggalkan oleh kaum muslimin pada hari ini adalah sholat jamak taqdim di saat safar.
Jamak taqdim (جَمْعُ التَّقْدِيْمِ) artinya dua sholat di-jamak (digabung) dalam sebuah waktu, namun waktunya di-taqdim (dimajukan), misalnya saat hendak safar waktu sholat Zhuhur telah masuk. Jadi, anda sebaiknya sholat Zhuhur dulu. Setelah itu anda bangkit lagi untuk melaksanakan sholat Ashar di waktu Zhuhur. Sunnahnya, dua sholat yang digabung dalam satu waktu itu di antarai oleh iqomat. Demikian pula sholat Maghrib dikerjakan di waktu Maghrib, lalu diiringi oleh sholat Isya’ yang dikerjakan juga di waktu Maghrib. Adapun sholat Shubuh, maka ia tak dijamak.[1]
Dari Mu’adz bin Jabal -radhiyallahu anhu- berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ فِى غَزْوَةِ تَبُوكَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَجْمَعَهَا إِلَى الْعَصْرِ فَيُصَلِّيهِمَا جَمِيعًا وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ صَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا ثُمَّ سَارَ وَكَانَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبِ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْعِشَاءِ وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ الْمَغْرِبِ عَجَّلَ الْعِشَاءَ فَصَلاَّهَا مَعَ الْمَغْرِبِ.

“Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- dulu dalam Perang Tabuk, jika beliau berangkat sebelum tergelincirnya matahari[2], maka beliau mengakhirkan Sholat Zhuhur sampai beliau menjamaknya pada waktu Ashar. Kemudian beliau pun melaksanakan keduanya sekaligus. Jika beliau berangkat setelah tergelincirnya matahari, maka beliau sholat Zhuhur dan Ashar sekaligus. Setelah itu berjalan (berangkat). Bila beliau berangkat sebelum Maghrib, maka beliau akhirkan Sholat Maghrib sampai beliau melakukannya bersama Isya’. Jika berangkat usai Maghrib, maka beliau menyegerakan (memajukan) Sholat Isya’, sehingga beliau melakukannya bersama Sholat Maghrib”. [HR. Abu Dawud dalam Sunan-nya (no. 1220) dan At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (553). Hadits ini dinilai shohih oleh Syaikh Al-Albaniy dalam Irwa’ Al-Gholil (578)]



Ibrah dan Renungan

Di dalam hadits ini terdapat beberapa ibrah dan faedah berharga bagi orang-orang yang ingin menerapkan sunnah ini dalam hidupnya. Diantaranya[3]:
Bolehnya menjamak (menggabung) antara dua sholat di dalam safar.
Sholat jamak, sebagaimana halnya ia boleh di-takhir (diundur), maka boleh pula di-taqdim. Inilah pendapat Al-Imam Asy-Syafi’iy -rahimahullah- dalam Al-Umm (1/67). Demikian pula Al-Imam Ahmad -rahimahullah- dan Ishaq -rahimahullah- sebagaimana yang dinyatakan oleh At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (2/441).

Boleh melakukan jamak di saat turun sebagaimana halnya boleh melakukan jamak di atas kendaraan bila perjalanan terus berlanjut. Al-Imam Asy-Syafi’iy -rahimahullah- berkata, “Boleh bagi musafir untuk melakukan jamak di saat singgah atau sedang melanjutkan perjalanan”. [Lihat Al-Umm (1/96)]
Agama kita adalah agama yang mudah. Bila dua sholat dilakukan tanpa jamak adalah berat, maka diberikan kemudahan untuk men-jamak-nya. Ini menunjukkan bahwa agama kita mudah dikerjakan, berbeda dengan sangkaan sebagian orang bahwa Islam itu susah!!
Para pembaca yang budiman, inilah kaifiah (tata cara) sholat jamak (baik taqdim, maupun ta’khir). Semoga anda dapat mengamalkannya dalam kehidupan anda sehingga segala amal ibadah anda mudah dan sesuai petunjuk dan sunnah Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam-.

[1] Bila anda muqim dan belum berangkat safar, maka jamak taqdim-nya dengan empat-empat rakaat untuk Zhuhur dan Ashar. Sholat Maghrib dan Isya’ adalah tiga dan empat rakaat.
Akan tetapi jika kalian dalam safar, maka jamak taqdim-nya dua-dua rakaat untuk sholat Zhuhur dan Ashar. Adapun Maghrib tetap tiga, lalu ditambah Isya’ sebanyak dua rakaat.
[2] Yakni, sebelum masuknya waktu Zhuhur.
[3] Faedah pertama sampai ketiga, kami nukilkan dari Silsilah Al-Ahaadits Ash-Shohihah (1/312-313)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar